Peran Mahasiswa MBKM Bangun Desa Pada Masyarakat di Kelurahan Harapan Baru

Authors

  • Nazelin Maura Zahra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ecep Supriatna Universitas Bhayangkara, Bekasi

Keywords:

Kesejahteraan Psikologis, Psikoedukasi

Abstract

Kesejahteraan psikologis merupakan bagian penting bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari di lingkungan sosial. Kurangnya pendidikan dalam bidang psikologi dapat mempengaruhi kualitas masyarakat dalam aspek psikologis. Pemberian edukasi bagi masyarakat mampu memberikan pengaruh terhadap kualitas pembelajaran, motivasi belajar, dan kualitas SDA masyarakat setempat. Program pengabdian masyarakat yang telah dilakukan di Kelurahan Harapanbaru bertujuan untuk mengembangkan potensi anak, memberikan motivasi kepada masyarakat, meningkatkan pembelajaran anak, meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat dan mengembangkan pola pengasuhan orang tua. Hasil keseluruhan dari kegiatan program MBKM Membangun Desa ini yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran terhadap anak-anak, mengembangkan pendidikan psikologis terhadap anak, mengatasi permasalahan yang terjadi dalam aspek psikologis dengan baik, meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat, serta membangun kolaborasi yang baik dan kuat antara mahasiwa pengabdian, guru-guru, orang tua, dan masyarakat dilingkungan kelurahan Harapanbaru

References

Ardiyono, M. A. (2023). Peran Bimbingan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kesejahteraan Psikologis Pada Anak Di Desa Welahan. In Dasar-Dasar Ilmu Politik (Vol. 13). Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Bahri, K., Astawa, I. M., Nina Sriwartini, N. L. P., & Astini, B. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 10434–10440. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________

Budi Santoso, T. N., & Novi Hastutiningtyas, K. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Sebagai Sistem Informasi Alternatif Ice Breaking Pembelajaran Di Masa Pandemi. Ecodunamika : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–6.

Cahyo, E. D., Ikashaum, F., & Pratama, Y. P. (2020). Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) Dan Pendidikan Karakter. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 247–255. file:///C:/Users/user/Downloads/Kekerasan_Verbal_Verbal_Abuse_Dan_Pendid.pdf

Hundra, G. F., & Septiana, E. (2020). Kontribusi Regulasi Emosi Orang Tua Terhadap Regulasi Diri Remaja melalui Peran Mediasi Pola Asuh Orang Tua. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.24912/provitae.v13i2.9648

Huppert, F. A. (2009). Psychological Well‐being: Evidence Regarding its Causes and Consequences†. Applied Psychology: Health and Well-Being, 1(2), 137–164. https://doi.org/10.1111/j.1758-0854.2009.01008.x

Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Jurnal Paud Tambusai, 2(1), 609–618. https://doi.org/10.1006/cbir.1995.1108

Julianto, V., Cahayani, R. A., Sukmawati, S., & Aji, E. S. R. (2020). Hubungan antara Harapan dan Harga Diri Terhadap Kebahagiaan pada Orang yang Mengalami Toxic Relationship dengan Kesehatan Psikologis. Jurnal Psikologi Integratif, 8(1), 103. https://doi.org/10.14421/jpsi.v8i1.2016

Lidia, Amri, N. A., & Rahmat, M. Y. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Puzzle Tetris Pada Anak Kelompok B Di Tk Pusat Paud Tunas Inti Baturappe Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1316–1323. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1587

Mansye Soeli, Y., Djunaid, R., Amelia, R., & Rahman, D. (2019). Analisis Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Perilaku Kekerasan Pada Remaja. Jambura Nursing Journal, 1(2), 85–95.

Maura Zahra, N., Merdiaty, N., Khalishah Fitri, N., Alvita Ardiningrum, N., & Ramadhan Putra, F. (2024). Colouring Activities Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa Sd. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 1–10.

Nurhidaya, A. R. (2019). Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Permainan Menyusun Puzzle di TK Avanti Kota Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 210–226. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/2113

Organization, W. H. (2000). Mental health 2001.

Rahiem, M. D. H. (2023). Orang Tua dan Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.441

Rusydi, I., & Amalin Christia ‘Nisa, F. (2023). Implementasi Mengaji Al-Qur’an Dengan Tajwid Dan Makhorijul Huruf Bagi Anak–Anak Desa Kedokanbunder Wetan Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.4

UNICEF. (2023). Annual Report 2023. In Clean Technologies and Recycling (Vol. 3, Issue 4). https://doi.org/10.3934/ctr.2023020

Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2018). Kekerasan Terhadap Anak, Penanaman Disiplin, dan Regulasi Emosi Orang Tua. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 21–26. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6541

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Zahra, N. M., & Supriatna, E. (2024). Peran Mahasiswa MBKM Bangun Desa Pada Masyarakat di Kelurahan Harapan Baru . Dharma Publika: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 19–29. Retrieved from http://jurnal.yoii.ac.id/index.php/dharmapublika/article/view/305