Peran Mahasiswa KKN dalam Menghadirkan Inovasi dalam Pendidikan Dasar dan Agama di Desa Narawita

Authors

  • Esty Faatinisa Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Salsabila Az Zahra Universitas Muhammadiyah Bandung

Keywords:

Edukasi, Observasi, Tantangan

Abstract

Pendidikan adalah fondasi utama untuk pembangunan masyarakat berkelanjutan. Namun, daerah terpencil seperti Desa Narawita menghadapi tantangan serius. Kurangnya fasilitas dan tenaga pengajar memengaruhi kualitas pendidikan. Fasilitas pendidikan yang sederhana, guru yang kurang, dan akses terbatas ke kurikulum membatasi potensi anak-anak di desa ini. Tantangan psikologis juga mempengaruhi motivasi belajar mereka. Solusi melibatkan upaya perbaikan, termasuk peningkatan fasilitas, sumber daya manusia, dan akses kurikulum yang lebih baik. Pemerintah telah mencoba menempatkan guru PNS baru di desa terpencil, tetapi menghadapi tantangan dalam penempatan. Keterlibatan masyarakat, LSM, dan organisasi kemasyarakatan diperlukan. Program pemberdayaan guru, pengembangan kompetensi, serta sumber daya pendidikan dapat membantu mengatasi masalah ini. Daerah serupa, seperti Sukamandang, Kalimantan Tengah, dan Luwuk, Sulawesi Tengah, menghadapi masalah pendidikan yang serupa. Pengalaman dari daerah-daerah sejenis ini dapat menjadi pedoman bagi Desa Narawita dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan anak-anaknya.

References

Alirahman, A. D. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam pada Pendidikan Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-10.

Harmita, D., Sofiana, F., & Amin, A. (2022). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2195-2204.

Hidayat, T., & Syahidin, S. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berpikir Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 115-136.

Ikmal, H., & Sukaeni, W. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences Di SMAN 1 Kedungpring Lamongan. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 34-47.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Merliana, N. P. E., Putra, P. B. A. A., & Gunawan, I. G. D. (2021). Teknologi Augmented Reality Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Agama Hindu. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 71-75

Nurdin, A. (2016). Inovasi pembelajaran pendidikan agama islam di era information and communication Technology. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 49-64.

Nurhidin, E. (2017). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1).

Oviyanti, F. (2013). Inovasi Pembelajaran Pai Dengan Pengembangan Model Constructivism Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(01), 107-134.

Pradinafika, R., Prayogi, F., Zubaidah, Z., & Bulantika, S. Z. (2023). Islamic Guidance: The Influence of Religious Awarenessas a Mediator in Shaping Students' Religious Behavior. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Research, 1(2),80-89. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijgcr/article/view/87

Rafliyanto, M., & Mukhlis, F. (2023). Pengembangan Inovasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Formal. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 121-142.

Supriyatno, T., & Salamah, U. (2020). Implementation of Curriculum Innovation and Islamic Education Learning Basic Education/Implementasi Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendidikan Dasar. Al-Mudarris: Journal Of Education, 3(1), 1-14.

Talkah, T., & Muslih, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid 19. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 13-21.

Utomo, P. (2022). The Effect of Personal Guidance on the Formation of Child Spiritual Intelligence. Al Musyrif: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(2), 86–94. https://doi.org/10.38073/almusyrif.v5i2.886

Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Wineka Media.

Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Al-Murabbi, 3(2), 263-278.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Faatinisa, E., & Zahra, S. A. (2023). Peran Mahasiswa KKN dalam Menghadirkan Inovasi dalam Pendidikan Dasar dan Agama di Desa Narawita. Dharma Publika: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 53–61. Retrieved from http://jurnal.yoii.ac.id/index.php/dharmapublika/article/view/60