Sosialisasi Dampak dari Kenakalan Remaja terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA 2 Babelan

Authors

  • zepanya sinaga Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ade Ratri Fitria Universitas Bhayangkara, Bekasi
  • Fionna C A Uguy Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi
  • Jihan Salsabillah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi

Keywords:

Kenakalan Remaja, Kesejahteraan Psikologis, Sosialisasi

Abstract

Kenakalan remaja yang merupakan sebuah perilaku menyimpang yang melanggar sebuah aturan, hukum, ataupun norma yang berlaku. Biasanya hal ini dilakukan oleh anak remaja SMP hingga SMA, dimana hal ini seringnya mempengaruhi kesejahteraan psikologis siswa. Kenakalan remaja ini sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti krisis identitas, kontrol diri, lingkungan keluarga dan pengaruh lingkungan sosial. Karena hal ini maka peneliti mengambil sosialisasi terkait pengaruh kenakalan remaja yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis siswa, dengan maksud tujuan para siswa dapat mencegah dan menghindari kenakalan remaja serta mengetahui dampaknya pada kesejahteraan psikologis siswa. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode psikoedukasi yang presentasikan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 2 BABELAN pada tanggal 7 Mei 2024, dengan melakukan studi literatur dan melakukan test berupa Post-test dan Pre-test. Hasil yang didapat dari psikoedukasi menunjukan bahwa adanya pengaruh yang positif sebelum dan sesudah di berikan materi terkait kenakalan remaja yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis siswa.

References

Aryani, E., & Triwanto. (2021). Penyuluhan Hukum tentang Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(03), 248–253. https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i03.4384

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. In GENERAL LEARNING PRESS. Englewood Cliffs, N.J: Prentice Hall. https://doi.org/10.1177/0273475312474279

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. J Cogn Psychother, 2, 158–1999. https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158

Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Non Formal, Vol 1 no 1(52), 147–158.

Kembaren, L. (2023). Perilaku Remaja Masa Kini , Bagaimana Memahami dan Menyikapinya ? Kemenkes-Ditjen Yankes. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2146/perilaku-remaja-masa-kini-bagaimana-memahami-dan-menyikapinya

Kemenkes. (2023). Remaja 10-18 Tahun. Ayo Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak. (2024). Peta Sebaran Jumlah Kasus Kekerasan Menurut Provinsi, Tahun 2024. Simfoni-PPA. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Mardi Saputro, B., & Noor Edwina Dewayani Soeharto, T. (2012). Hubungan Antara Konformitas Terhadap Teman Sebaya Dengan Kecenderungan Kenakalan Pada Remaja. Insight, 10(1), 1–15.

Prabowo, A. (2016). Kesejahteraan Psikologis Remaja di Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(02), 30–59.

Rizqi Eko Putra, M. D., & Apsari, N. C. (2021). Hubungan Proses Perkembangan Psikologis Remaja Dengan Tawuran Antar Remaja. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 14. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.31969

Salamor, Y. B., & Salamor, A. M. (2022). Sosialisasi Dampak Kenakalan Remaja Bagi Anak Di Sma Negeri 10 Ambon. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 701–705. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4535

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Sumara, D., Humaedi, S., & Budiarti Santoso, M. (2017). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2), 121–140. https://doi.org/10.33007/inf.v1i2.142

Anderson, K. (2020). Getting acquainted with social networks and apps: it is time to talk about TikTok. Library Hi Tech News, 37(4), 7–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/LHTN-01-2020-0001

Gladding, S. (2021). The creative arts in counseling. John Wiley & Sons, Inc.

Jarvela, S., Jarvenoja, H., & Malmberg, J. (2019). Capturing the dynamic and cyclical nature of regulation: Methodological progress in understanding socially shared regulation in learning. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 14(4), 425-441. https://doi.org/10.1007/s11412-019-09313-2

Schunk, D. H., & Greene, J. A. (Eds.). (2018). Handbook of self-regulation of learning and performance. New York, NY: Routledge

Splichal, J. M., Oshima, J., & Oshima, R. (2018). Regulation of collaboration in project-based learning mediated by CSCL scripting reflection. Computers & Education, 125, 132-145. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.003

Zubaedi, Z., Zulkarnain, S., Mulyadi, M., Amin, A., Dali, Z., Asiyah, A., Mustamin, A., & Badawi, B. (2020b). Internalization of Character Values through Sufistic Approach. Psychology and Education Journal, 58(2), 2680–2691. https://doi.org/10.17762/pae.v58i2.2430

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

sinaga, zepanya, Fitria, A. R., Uguy, F. C. A., & Salsabillah, J. (2024). Sosialisasi Dampak dari Kenakalan Remaja terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA 2 Babelan. Dharma Publika: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.yoii.ac.id/index.php/dharmapublika/article/view/298