Profil Kecemasan dan Psychological Wellbeing serta Implikasinya terhadap Orientasi Masa Depan Siswa SMAN 6 Bandung

Authors

  • Anenda Bagus Satrya Ganesha Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Tina Hayati Dahlan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Anne Hafina Adiwinata Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Keywords:

Kecemasan, Psychological Well Being, Orientasi Masa Depan, Siswa SMA

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi profil keemasan dan psychological wellbeing siswa SMA Negeri 6 Bandung serta implikasinya terhadap orientasi masa depan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta analisis statistik korelasional dengan uji regresi linier sederhana dan berganda berbantuan SPSS versi 24. Penelitian ini melibatkan 61 orang siswa SMA Negeri 6 Bandung dengan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, kecemasan, psychological wellbeing, dan orientasi masa depan siswa berada pada kategori sedang. Tidak terdapat pengaruh antara kecemasan dengan orientasi masa depan siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa mungkin mengalami kecemasan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini tidak secara langsung memengaruhi pandangan mereka terhadap masa depan. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological wellbeing memiliki pengaruh positif terhadap orientasi masa depan siswa. Hal ini menandakan bahwa siswa yang memiliki tingkat psychological wellbeing yang tinggi cenderung memiliki pandangan yang lebih positif dan tujuan yang lebih jelas terhadap masa depan mereka. Secara simultan, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan dan psychological wellbeing terhadap orientasi masa depan. Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut mungkin bekerja secara independen dalam memengaruhi pandangan siswa terhadap masa depan mereka. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi orientasi masa depan siswa SMA dengan menyoroti pentingnya psychological wellbeing dalam membentuk pandangan dan tujuan mereka terhadap masa depan. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan program yang ebrtujuan untuk meningkatkan psychological wellbeing dan orientasi masa depan siswa di lingkungan sekolah, serta menyediakan sumber daya dan dukungan yang sesuai bagi siswa yang mengalami kecemasan.

References

Adit, A. (2022, January 21). Humas Unej: Ternyata Masih Banyak Siswa Bingung Pilih Jurusan Kuliah. Https://Edukasi.Kompas.Com/Read/2022/01/21/171401671/Humas-Unej-Ternyata-Masih-Banyak-Siswa-Bingung-Pilih-Jurusan-Kuliah?Page=all. .

Ajhuri, K. F. (2019). Ajhuri, Kayyis Fithri. (2019). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penebar Media Pustaka.

Akbas, M., Sulu, R., & Gozuyesi, E. (2021). Women’s Health Anxiety and Psychological wellbeing During the COVID-19 Pandemic. A Descriptive Study. Sao Paulo Medical Journal, 139(5), 496–504.

Al Amin, M., Triawan, B. A., & Fahmi, A. Y. (2022). Kesejahteraan Psikologis (Psychological Well Being) Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Perawat dimasa Pandemi Covid-19 di Rawat Inap. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(2), 557–566.

Ashari, A. M., & Hartati, S. (2017). Hubungan antara Stres, Kecemasan, Depresi dengan Kecenderungan Aggressive Driving pada Mahasiswa. Jurnal Empati, 6(1), 1–6.

Azizah. (2013). Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia Remaja (Penggunaan Informasi dalam Pelayanan Bimbingan Individual). Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 295–316.

Cahyono, B. D., Handayani, D., & Zuhroidah, I. (2019). Hubungan Antara Pemenuhan Tugas Perkembangan Emosional dengan Tingkat Stres Pada Remaja. Jurnal Citra Keperawatan, 7(2), 64–71.

Damanik, E. D. (2011). The Measurement of Reliability, Validity, Items Analysis and Normative Data of Depression Anxiety Stress Scale (DASS).

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Jurnal Istighna, 1(1), 116–133.

Diener, E., & Chan, M. Y. (2011). Happy people live longer: Subjective well-being contributes to health and longevity. Applied Psychology: Health and Well-Being, 3(1), 1–43.

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma , 6(2), 55–65.

Gloria. (2022, October 24). Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. Https://Ugm.Ac.Id/Id/Berita/23086-Hasil-Survei-i-Namhs-Satu-Dari-Tiga-Remaja-Indonesia-Memiliki-Masalah-Kesehatan-Mental .

Hadianti, S. W., & Krisnani, H. (2017). Penerapan Metode Orientasi Masa Depan (OMD) pada Remaja yang Mengalami Kebingungan Identitas (Menentukan Tujuan Hidup). Share: Social Work Journal: , 7(1), 81–89.

Hammad, M. A. (2016). Future Anxiety and its Relationship to Students’ Attitude toward Academic Specialization. Journal of Education and Practice, 7(15), 54–65.

Hanim, L. M., & Ahlas, S. (2020). Orientasi Masa Depan dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 41–48.

Hartini. (2017). Perkembangan Fisik dan Body Image Remaja. C Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 27–54.

Hood, L. (2022). Riset: sebanyak 2,45 juta remaja di Indonesia tergolong sebagai Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Theconversation.Com.

Hulukati, W., & Djibran, Moh. R. (2016). Pentingnya Memahami Tugas Perkembangan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta.

Huppert, F. A. (2009). Psychological well-being: Evidence regarding its causes and consequencesPsychological well-being: Evidence regarding its causes and consequences. Applied Psychology: Health and Well-Being, 1(2), 137–164.

Kartikasari, N. D. (2014). Hubungan Antara Religiusitas dengan Kesejahteraan Psikologis pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khairunnisa, S. F. (2022, April 1). Marak di Kalangan Mahasiswa, Ini Penyebab Fenomena Salah Jurusan Kuliah. : : Https://Goodside.Id/Article/Penyebab-Fenomena-Salah-Jurusan-PWUEF .

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. nger Publishing Company.

Muris, P. , M. C., & Merckelbach, H. (2000). The effects of state anxiety on the processing of threat-related stimuli in children: A study of cognitive avoidance. Behaviour Research and Therapy, 38(2), 195–2005.

Pahlevi, R., Utomo, P., & Zubaidah, Z. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 3(1).

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25–32.

Raphael, D., & Paul, J. (2014). The Impact of Anxiety on Psychological Well-being in Adolescents. Journal of Adolescent Health, 35(4), 390–405.

Ryff, C. D., & Corey Lee M. Keyes. (1995). The Structure of Psychological Well being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727.

Ryff, C. D., & Victor W. Marshall. (1999). The Self and Society in Aging Proceses. Springer Publishing Company, Inc.

Safitri, N. A. A. (2017). Pengaruh Status Identitas Diri terhadap Orientasi Masa Depan Siswa Kelas 2 MAN 2 Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sarwono, S. W. (2011). Psikologi Remaja. PT RajaGrafindo Persada.

Seligman, M. E. P. (2011). Flourish. Simon & Schuster.

Susanti, R. (2016). Gambaran Orientasi Masa Depan Remaja dalam Bidang Pekerjaan ditinjau dari Religiusitas dan Motivasi Berprestasi pada Remaja Desa Sei Banyak Ikan Kelayang. Jurnal Psikologi, 109–116.

Tim Riskesdas 2018. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta

Triana, M. M., Komariah, M., & Widianti, E. (2021). Gambaran Kesejahteraan Psikologis pada Remaja yang Terlibat Bullying. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(4), 823–832.

Visvanathan, N., Rahman, M. N. A., & Muhamad, A. S. (2021). Psychological wellbeing of Adolescents in Selangor, Malaysia. Jurnal Psikologi Malaysia , 35(1), 98–110.

Wulandari, I., & Megawati, F. E. (2019). The Role of Forgiveness on Psychological wellbeing in Adolescents: A Review. 5th ASEAN Conference on Psychology, Counselling, and Humanities (ACPCH 2019).

Downloads

Published

2024-06-25