This is an outdated version published on 2022-12-10. Read the most recent version.

Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review

Authors

  • Prio Utomo Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Reza Pahlevi Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

teman sebaya, karakter, anak

Abstract

Pergaulan anak dengan kelompok teman sebayanya tidak bisa diabaikan mengingat bahwa mereka menghabiskan waktunya untuk bermain dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Untuk itu, sebagai seorang pendidik (guru dan orang tua) perlu memahami urgensi dan peran teman sebaya serta pengaruhnya terhadap perkembangan karakter anak. Tujuan kajian Systematic Literature Review (SLR) ini untuk merepresentasikan peran teman sebaya sebagai moderator pembentukan karakter anak. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif-deskkriptif dengan varian analisis Systematic Literature Review (SLR) untuk mengungkap pengaruh teman sebaya sebagai moderator pembentukan karakter anak. Hasil pengkajian menunjukkan temuan bahwa teman sebaya memiliki peran penting bagi anak yaitu (1) sebagai fasilitator; (2) sebagai mediator; (3) sebagai motivator. Kesimpulan hasil kajian SLR menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang tertanam bagi diri sendiri, meliputi tanggungjawab, jujur, disiplin, percaya diri, kerja keras, berpikir positif, mandiri, kreatif dan inovatif, mawas diri, tekun dan gigih. Sedangkan nilai-nilai karakter dalam kelompok teman sebaya, meliputi toleransi, cinta damai, patuh pada aturan, sikap terbuka, tolong menolong) komunikatif, kerjasama, demokratis, santun, kerja keras. Hasil kajian SLR ini berkontribusi sebagai bahan pengayaan baik secara teoretik maupun praktik perihal peran teman sebaya sebagai moderator pembentukan karakter anak.

Published

2022-12-10

Versions

How to Cite

Prio Utomo, & Reza Pahlevi. (2022). Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review. INSPIRATIF : Journal of Educational Psychology, 1(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.yoii.ac.id/index.php/inspiratif/article/view/35