Penerapan Permainan Simulasi Labirin terhadap Konsep Diri Siswa SMK Negeri 1 OKU

Authors

  • Resti Okta Sari Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Sabrina Rizki SMK Negeri 1 OKU
  • Fatma Khopipah Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

konsep diri, simulasi labirin, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan permainan simulasi labirin terhadap konsep diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian deskriptif dengan sampel penelitian 33 peserta didik. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan SPSS versi 20.Penelitian ini mengungkap apakah permainan simulasi labirin dapat meningkatkan konsep diri siswa. Hasil penelitian post-test kategori rendah mengalami peningkatan sebesar 37,15% yaitu dari 44,51% menjadi 81,66%, hasil dari post-test pada peserta didik dengan kategori sedang mengalami peningkatan sebesar 8,18% yaitu dari 72,68% menjadi 80,86% sedangkan hasil post-test pada peserta didik kategori tinggi mengalami peningkatan sebesar 3,06% yaitu dari 83,05% menjadi 86,11%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan penerapan permainan simulasi labirin efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa di SMK Negeri 1 OKU

Published

2022-12-10

How to Cite

Resti Okta Sari, Sabrina Rizki, & Fatma Khopipah. (2022). Penerapan Permainan Simulasi Labirin terhadap Konsep Diri Siswa SMK Negeri 1 OKU. INSPIRATIF : Journal of Educational Psychology, 1(1), 23–29. Retrieved from https://jurnal.yoii.ac.id/index.php/inspiratif/article/view/38